Artikel Kesehatan

now browsing by category

 
Posted by: | Posted on: March 22, 2018

Pencegahan Penyakit Kanker Otak

Bagi dokter memang belum jelas untuk memahami proses pemicu timbulnya penyakit kanker otak. Demikian juga dengan proses mengjindari penyakit kanker otak yang tetap hanya suatu analisi. Tetapi sebagian analisis tersebut guna melakukan menjadi cara untuk menghindari penyakit kanker otak. Seperti :

  1. Mengolesi Bahan Bahan Ketika Ingin Membakar daging

Daging yang dibakar saat proses kematangannya bisa memiliki kandungan pemicu penyakit kanker amina heterosiklik, yang terjadi saat daging di suhu yang meningkat dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang terdapat di makanan saat di bakar. Kemungkin bisa saat saat membakar daging, para analisi mengatakan bahwa dengan mencampurkan bahan-nahan rempah yang banyak antioksidan yang bermanfaat untuk memotong HCA sejumlah 87%.

  1. Minuman Kopi

Suatu analisi mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi sejumlah 5 gelas bahkan lebih mempunyai 40% dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kanker otak, daripada seseorang yang mengkonsumsi kopi dan kadar yang tidak banyak. Para analisis mengatakan dibandingkan dengan teh ternyata kopi merupakan penjaga yang lebih unggul untuk menyerang kanker.

  1. Jauhi Paparan Zat yang Tertentu

Terkadang tempat yang berada tidak jauh dengan manufaktur dapt mengeluarkan bahan zat kimia ke polusi. Menurut ahli pakar kanker, paparan pengobatan radiasi pada kepala merupaka pemicu utam penyakir kanker anak. Sebelumnya anak tersebut disembuhkan dengan cara radiasi dengan jumlah yang sedikit sebab keadaan tertentu, bisa menguatkan risiko pemicu kanker otak.

  1. Pola Makan Yang Sehat

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kaya kandungan asam lemak Omega 3 yaitu daging dan ikan dengan rendah lemak. Termasuk juga buah-buahan dan sayuran contohnya nanas, jeruk, apel, sayur bayam, kacang-kacangan, dan brokoli yang memiliki antioksidan yang tinggi guna menghindari penyakit kanker dan beberapa jenis penyakit lainnya. Dan terdapat juga di dalamnya bebebrapa nutrisi yang menghasilkan dorongan kepada peranan tubuh dan otak yang sehat.

Simak juga artikel tentang obat kanker otak stadium 4 yang terbuat dari bahan herbal alami untuk mengatasi penyakit kanker otak.

  1. Mengurangi Untuk Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Merokok dan meminum alkohol secara yang tidak wajar bisa mengakibatkan jenis penyakit khusus yang bisa menjadikan orang tersebut terhadap risiko timbulnya penyakit kanker. Penyakit tumor otak metastic diposisi bagian lainnya di tubuh dan dapat berkembang ke otak dengan melewati peredarah darah. Misalnya seperti apabila orang tersebut yang menderita penyakit kanker paru-paru dikarenakan mengkonsumsi rokok bisa saja kalau penyakit kanker bisa berkembang dan meyeluruh pada otak. Demikian juga mengkonsumsi alkohol secara tang tidak wajar pun bisa mengajibatkan penyakit hati yang bisa menjalar di otak.

  1. Jauhkan Handphone Dari Kepala Anda

Menggunakan hanphone hanya ketika berkirim pesam atau ada panggilan sementara saja. Menggunakan hanphone dengan menggunakan handseat untuk menjauhi potensi dari gelombang radio yang menimbulkan radiasi di kepala. Walaupun ternyata handphone bisa menguatkan resiko penyakit kanker otak yang belum tentu jelas informasinya, namun beberapa penjelasan analisis mengatakan ada kaitannya dengan hal tersebut. sebaiknya untuk menghindari semua macam resiko, ketimbang terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.

Sudah dijelaskan cara untuk menghindari penyakit kanker otak yang utama dan mudah untuk dilakukan. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Posted by: | Posted on: January 6, 2018

Manfaat Serat Dalam Metabolisme Tubuh

Setiap orang pasti pernah mendengar kata “serat” bukan? Kata kata ini banyak kita temukan dalam produk olahan buah buahan atau sayuran karena memang darisana sumber serat alami. Lalu apa sebenarnya manfaat dari serat itu sendiri bagi tubuh sehingga sering disebukan?

Serat atau juga disebut fiber adalah suatu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan supaya makanan dapat dicerna secara sempurna. Namun selain itu rupanya masih banyak khasiat lai dari serat ini bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Serat Dalam Metabolisme Tubuh

Apa saja manfaat lainnya dari serat di dalam tubuh? Mari kita simak bersama di bawah ini ulasannya bersama sama dengan seksama.

Serat Dapat Membersihkan dan Melindungi Dinding Usus

Serat dapat menjauhkan resiko usus kita dari ancaman kanker usus, pencernaan yang mengalami kekurangan serat akan lebih beresiko mengalami penyakit termasuk kanker karena harus bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan. Kurang serat dapat menyebabkan gangguan seperti radang usus dan sembelit / susah buang air besar.

Memperpanjang Umur Seseorang

Mengkonsumsi serat dengan kebutuhan sehari-hari yaitu 14 gr di dalam setiap 1000 kalori, memiliki kesempatan hidup selama 9 tahun lebih panjang daripada dengan mereka yang tidak mencukupi kebutuhan hariannya dnegan serat.

Mencegah Terjadinya Penyakit Diabetes

Makanan yang kaya akan kandungan serat dianggap juga cukup efektif untuk menghambat penghisapan gula di dalam peredaran darah. Maka untuk itu, mereka yang kerap mencukupi keperluan serat sehari harinya dapat mempunyai resiko yang lebih rendah menghadapi diabetes tipe dua daripada dengan mereka yang mengkonsumsi serat sama sekali.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kebanyakkan orang yang menghadapi gangguan pencernaan sehingga menjadikan sulit untuk buang air besar. Kondisi ini mungkin saja disebabkan kurnagnya asupan serat perharinya. Jika Anda kerap menghadapinya, lebih baik konsumsilah serat dengan keperluan setiap harinya supaya pencernaan Anda tidak mengalami masalah.

Jadi masihkah Anda tidak peduli dengan kesehatan pencernaan Anda? Padahal caranya sangat mudah cukup dengan mengkonsumsi sayuran dan buah buahan yang mengandung serat tinggi. Dengan mencukupi kebutuhan serat di dalam tubuh maka Anda tubuh Anda akan semakin segar dan sehat alami.

Posted by: | Posted on: November 8, 2016

Tips Mudah Mengatasi Nyeri pada Persendian

Nyeri pada sendi seringkali datang tak terduga dan hal ini membuat orang was-was dan ingin tahu cara tips mengatasi nyeri sendiyang kadang tak terduga. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang sudah berumur. Bukan hanya orang yang berumur tapi juga beberapa orang yang juga masih muda kadang mengalami masalah ini.

Untuk menanggulangi rasa sakit yang bisa datang kapan saja, penting sekali bagi setiap orang untuk tahu cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini, kami akan membahas mengenai cara yang tepat guna mengatasi masalah rasa sakit yang kadang datang mendera pada sendi baik itu kaki, tangan maupun bagian tubuh lainnya.

Tips Untuk Mengatasi Nyeri Persendian

  • Kompres Dengan Air Dingin atau Es Batu
    Cara pertama yang mungkin terbilang sebagai tips mengatasi nyeri sendiyang paling sering dilakukan adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan air es. Caranya cukup mudah, anda bisa menyiapkan sebaskom penuh isi air es dan mengambil sebuah handuk.
    Selain itu, anda juga bisa menyiapkan alat kompres yang sudah diisi dengan air es. Kompresan air dingin terbilang ampuh guna mengurangi rasa sakit yang ada.
  • Istirahat yang Cukup
    Jika anda mengalami nyeri pada salah satu sendi dari bagian tubuh anda maka, hal tersebut menjadi pertanda bahwa anda mungkin saja mengalami kelelahan pada diri anda. Untuk itu, penting sekali bagi anda untuk menjadwalkan istirahat yang cukup. Usahakan agar memiliki waktu tidur yang cukup dan jangan lupa untuk tidak melakukan kerja yang terlalu berat karena, hal ini hanya akan membuat anda merasa lebih nyeri dari sebelumnya.
  • Olahraga yang Cukup
    Olahraga dipandang sebagai salah satu hal penting guna menjaga kesehatan tulang kita. Untuk itu, jadwalkan olahraga yang cukup agar anda bisa menjaga agar tubuh anda agar tetap sehat. Lakukan hal ini secara teratur maka, anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal bagi diri anda terutama untuk merasakan keadaan tubuh yang lebih sehat dari biasanya dengan melakukan beberapa tips mengatasi nyeri sendi.
Posted by: | Posted on: July 22, 2016

Mengenali Kanker Paru Paru Dan Pendeteksian Dini

Penyakit kanker paru paru

Penyakit kanker paru paru

Penyakit kanker yang satu ini merupakan salah satu dari penyebab utama kematian di dunia baik pada kaum pria maupun wanita. Sebelum banyak produk rokok seperti hari ini, kasus kanker paru paru sangat jarang ditemukan dan termasuk langka.

Sedangkan faktor lain seperti polusi udara, gas radon, dan paparan bahan kimia lainnya hanya berperan sedikit terhadap perkembangan kanker paru paru. Bagi orang merokok dewasa hampir menyebabkan 90% kematian akibat kanker paru paru yang diderita.

Mengapa Rokok Menjadi Penyebab Utama Kanker Paru Paru?

Rokok tidak hanya terbuat dari tembakau namun juga telah ditambahkan berbagai zat kimia berbahaya lainnya yang menyebabkan kanker dan menyerang sistem pertahanan alami paru paru yang disebut silia. Silia adalah saluran udara yang dilapisi oleh bulu bulu halus untuk melindungi paru paru dengan cara menyapu racun, bakteri, dan virus yang masuk melalui saluran pernafasan.

Asap rokok akan melumpuhkan silia sehingga tidak mampu berfungsi dan menyebabkan mudahnya radikal bebas dan karsinogen mengendap di dalam organ paru paru. Oleh karena itu rokok menyebabkan 80% penyebab dari kasus kanker paru paru dan menjadi musuh utama bagi organ paru paru yang membahayakan keselamatan jiwa.

Gejala Yang Ditimbulkan Kanker Paru Paru

Sama seperti penyakit kanker pada umumnya, kanker pada fase awal sulit dideteksi seperti siluman karena tidak ada peringatan pada tahap awal, oleh karena itu gejala kanker paru paru tidak bersifat spesifik. Berikut beberapa gejala yang sering ditimbulkan oleh kanker paru paru:

  1. Batuk yang tidak mereda meski telah minum obat batuk.
  2. Timbul rasa nyeri di dada ketika menarik nafas dalam dalam.
  3. Terjadi rasa sesak nafas terutama saat malam hari.
  4. Batuk berdahak disertai adanya darah.
  5. Cepat merasa kelelahan.

Cara Mendiagnosa Kanker Paru Paru

Pada kebanyakan kasus, penyakit kanker paru paru ini sulit dideteksi sampai menyebabkan gejala yang berarti seperti batuk darah / mengi. Pada tahap pertama dokter akan melakukan sinar-X pada dada untuk melihat apakah adanya sel kanker dan melalukan tes dahak (sputum), sehingga berdasarkan kedua tes tersebut apakah menunjukkan adanya indikasi kanker.

Dalam kebanyakan kasus, kanker paru-paru tidak dicurigai sampai menyebabkan gejala seperti batuk kronis atau mengi(sesak napas). Pada saat itu, kemungkinan besar dokter akan melakukan proses sinar-X di dada. Dokter biasanya juga akan meminta pasien untuk tes dahak (sputum).

Jika salah satu dari tes-tes tersebut menunjukkan adanya kanker, kemungkinan besar pasien akan menjalani biopsi (pengambilan jaringan tubuh yang bertujuan untuk pemeriksaan laboratorium). Baca juga informasi penting tentang obat tradisional kanker paru paru terbaik.

Untuk memperkuat hasil tes dokter juga akan mengambil langkah biopsi (pengambilan jaringan tubuh untuk diuji coba laboratorium). Jika diduga adanya tumor dalam hasil tes tersebut maka ahli patologi dapat menyimpulkan jenis kanker paru paru atau bukan.

Posted by: | Posted on: July 21, 2016

13 Menu Sehat Yang Dapat Mencegah Terjadinya Kanker Prostat

Menu Sehat Pencegah Kanker Prostat

Makanan Sehat

Kanker prostat adalah sebuah jenis penyakit kanker yang sering menyerang kaum pria diseluruh dunia saat ini, banyak para ahli meyakini bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, tinggi gula, ikut berkontribusi dalam meningkatkan terjadinya penyakit kanker prostat.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk tetap selalu menjaga kesehatan prostat Anda dengan cara menghindari kebiasaan buruk itu, lalu beralih pada menu sehat yang dapat menjaga kesehatan prostat tersebut. Berikut dibawah ini terdapat beberapa menu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna untuk menyehatkan prostat Anda, diantaranya :

  1. Alpukat – banyak sekali orang yang menghindari jenis buahan ini akibat kandungan lemaknya yang berpotensi menambah berat badan. Eits, namun jangan salah lho, buah alpukat ini mampu mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan alpukat mengandung lutein, yakni zat yang membantu menangkal kanker prostat dan kanker mulut rahim.
  2. Anggur – buah anggur yang berwarna merah pada kulitnya itu mengandung sumber yang diperkaya akan antioksidan yang disebut resveratrol. Antioksidan ini berkhasiat bagi mereka yang memiliki faktor genetik (keturunan) dengan penyakit kanker prosat.
  3. Delima – merupakan jenis buah yang didalamnya terdapat kandungan tinggi asam ellagic, kedatangan asam ini sudah terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan asam ini juga mempunyai kekuatan untuk menonaktifkan senyawa pemicu kanker.
  4. Jeruk – selain jeruk bali dan jeruk nipis, jeruk biasa juga diperkaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu mencegah kanker secara alami.
  5. Berry – keluarga buah berry eperti strawberry, raspberry, blueberry, dan cranberry merupakan jenis buah yang mampu mencegah penyakit kanker. buah berry tersebut mengandung antioksidan yang disebut pterostilbene, yang bermanfaat untuk mematikan dan mencegah sel-sel kanker membelah {menggandakan diri}.
  6. Tomat – jenis buah berupa dalam bentuk bulat dan mempunyai warna merah terang ini mengandung likopen yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker prostat dan mengurangi pertumbuhan tumor pada kaum pria dengan kanker prostat. Studi menunjukkan bahwa pria yang sering memakan tomat mentah dan produk tomat yang dimasak, akan mampu mengurangi perkembangan kanker prostat ketimbang pria yang jarang mengkonsumsi tomat.
  7. Brokoli – dari sebagian studi mengungkapkan bahwa pria yang mengkonsumsi sayuran brokoli secara rutin akan beresiko lebih rendah mengembangkan kanker prostat pada kalangan pria.
  8. Teh hijau – jenis minuman ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut dengan katekin. Kandungan zat tersebut selain dapat meningkatkan sistem imun tubuh & menghancurkan bakteri/virus tertentu namun dapat pula mencegah perkembangan kanker prostat. Selain itu, katekin juga bekerja untuk memperbaiki DNA yang rusak karena pertumbuhan sel kanker.
  9. Jus delima – selain teh hijau, buah delima ini juga terkenal sebagai sumber yang diperkaya akan kandungan antioksidan, yang mampu membantu mencegah terjadinya penyakit kronis, yang berkaitan erat dengan stres oksidatif.
  10. Kacang-kacangan – mengkonsumsi kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lain sangat baik dan dianjurkan. Dikarenakan jenis kacang-kacangan ini mempunyai kandungan senyawa tanaman biologis aktif yang dikenal sebagai phytoestrogen, isoflavon, fitoestrogen, telah diyakini mampu menangkal kanker prostat, yang menekan pertmbuhan tumr pada sel-sel kanker prostat.
  11. Cabai merah – merupakan jenis bumbu dapur yang bisa mencegah terjadinya penyakit prostat, hal ini dikarenakan cabai mengandung zat capcaisin yang mampu mematikan mitokondra, yaitu zat yang merubah sel sehat jadi sel kanker. Baca juga artikel terkait mengenai obat alami kanker prostat yang ampuh dan aman.
  12. Salmon – ikan salmon ini mengandung omega-3 yang mampu menjaga kesehatan prostat. Selain nutrisi itu, ikan salmon ini juga mengandung eicosapentaenoic (EPA) & docosahexaenoic (DHA) yang bisa mencegah zat pembuluh darahyang mendukung perkembangan sel tumor.
  13. Jamur – merupakanan jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Termasuk salah satunya yakni zat antioksidan yang disebut dengan L-ergothioneine yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kanker. Zat tersebut banyak ditemukan pada jamur tiram. 

Demikianlah artikel mengenai 13 menu sehat untuk mencegah kanker prostat yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda semua. Usahakanlah untuk tetap menjaga kesehatan prostat secara dini, hal ini dilakukan supaya kita dapat terhindar dari serangan penyakit kanker prostat tersebut.